Militer Taiwan Gelar Nikah Massal Pasangan Sesama Jenis, Foto Pengantin Lesbian Viral

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2019 lalu. Sebagai langkah “terbuka dan progresif”, Kementerian Pertahanan Taiwan pun mengelar pernikahan militer massal.

Pernikahan massal ini digelar di pangkalan militer kota utaraTaoyuan pada Jumat, 30 Oktober 2020. Ada 188 pasangan yang diberikan restu dalam acara pernikahan massal tersut.

Lebih dari 4.000 pasangan menikah sejak undang-undang tersebut disahkan pada Mei 2019. Namun, pernikahan sesama jenis yang dirayakan dengan upacara militer merupakan pertama kali di Taiwan.

Menurut data pemerintah terbaru, sejak pernikahan sesama jenis menjadi legal di Taiwan, tercatat ada 4.021 pasangan telah menikah dengan 69 persen di antaranya adalah pasangan lesbian.

Sementara itu, sebuah foto pasangan lesbian yang diposting di halaman Facebook Angkatan Darat menjadi viral. Dua orang wanita di Taiwan menjadi perwira militer pertama yang berhasil menikahi.

Unggahan tersebut menuai banyak pro dan kontra, juga terdapat banyak ucapan selamat dari masyarakat yang terus masuk.

Pasangan sesama jenis yang dinikahi oleh dua orang perwira militer tersebut, merupakan seorang warga sipil biasa. Ini merupakan bentuk toleransi terhadap kesetaraan, serta pemberian hak kepada para LGBT.

Di sisi lain, salah satu pendiri Aliansi Taiwan untuk mempromosikan Hak Kemitraan Sipil, Victoria Hsu, mengatakan militer tampaknya bukan institusi yang tidak mungkin menjadi tempat pernikahan sesama jenis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir pemikirannya telah terbuka.

“Kami berharap ini pertanda baik untuk menunjukkan sikap angkatan bersenjata terhadap komunitas LGBT menjadi lebih mendukung daripada sebelumnya di Taiwan,” ujarnya.

“Sikap kami yakni setiap orang harus diperlakukan sama. Kami mengucapkan selamat kepada setiap pasangan. Ini menunjukkan posisi militer kami berpikiran terbuka, progresif dan seiring waktu,” kata Letnan Jenderal Yang An kepada wartawan di pesta pernikahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini