Buron Selama 2 Dekade, Mafia Italia Ditangkap Berkat Google Maps

Baca Juga

MATA INDONESIA, GALAPAGAR – Seorang mafia asal Sicilia, Italia yang telah menjadi buronan selama 20 tahun akhirnya tertangkap. Pria bernama Gioacchino Gamino itu ditangkap polisi Spanyol usai terlihat di Google Street View.

Pria berusia 61 tahun itu terlihat berada di Galapagar – sebuah kota yang berada dekat Madrid, Spanyol, setelah sebuah gambar menunjukkan seorang pria yang mirip dengannya mengobrol di luar toko buah.

“Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional,” kata Nicola Altiero, wakil direktur unit anti-mafia Italia (DIA), melansir Sky News, Kamis, 6 Januari 2022.

Berdasarkan surat kabar Italia, Gamino menggunakan nama Manuel selama ia menjadi buronan dan bekerja sebagai koki di sebuah restoran bernama La cocina de Manu atau dapur Manu.

Sebuah profil Facebook untuk restoran yang sekarang ditutup itu memposting foto Gamino yang dikenali dari bekas luka di sisi kiri dagunya. Bisnis itu bahkan menawarkan “makan malam Sisilia”.

Menurut La Repubblica, Gamino merupakan bos kelompok mafia Stidda di Agrigento, Sisilia – kelompok yang menyaingi mafia Cosa Nostra yang terkenal. Ia diselidiki pada 1980-an oleh hakim anti-mafia terkenal Giovanni Falcone yang kemudian tewas dalam serangan bom.

Gamino berhasil melarikan diri dari penjara Rebibbia Roma tahun 2002, ketika sebuah film sedang dibuat di sana. Setahun kemudian, Gamino dijatuhi hukuman seumur hidup karena kasus pembunuhan.

Ia menghindari penangkapan sejak itu dan tampaknya terkejut bahwa hidupnya di kota kecil Spanyol akhirnya terungkap. “Bagaimana Anda menemukan saya? Saya belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun,” tanya Gamino kepada polisi usai ditangkap.

Altiero dari unit anti-mafia Italia mengatakan bahwa Gamino saat ini ditahan di Spanyol, tetapi diharapkan dia akan dikembalikan ke Italia pada Februari 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini