Profil dan Biodata Antonio Conte, Pelatih Asal Italia yang Terdepan Dalam Prestasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berikut profil dan biodata Antonio Conte yang dikenal sebagai pelatih bertangan dingin dari Italia. Mantan pelatih Gli Azzurri itu diketahui memiliki julukan unik yakni The Godfather. Sebab saat dia mampu membuat pemainnya fokus mendengarkan saat dia berbicara.

Menurut berbagai sumber, Antonio Conte adalah salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Dia sempat membawa Juventus, Chelsea, hingga Inter Milan meraih sejumlah gelar bergengsi. Kini dirinya ditunjuk menjadi seorang pelatih Tottenham Hotspur sejak 2 November 2021.

Biodata Antonio Conte
Antonio Conte adalah pria asal Italia kelahiran 31 Juli 1969. Dia merupakan putra dari pasangan Cosimo Conte (ayah) dan Ada Briamo (ibu).
Pada 10 Juni 2013, Antonio Conte menikah dengan Elisabetta Muscarello. Keduanya memiliki seorang anak bernama Vittoria Conte.

Karier Pemain
Conte mulai bermain sepak bola di kotanya, di dalam tim muda AS Lecce, sebelum membuat debut Serie A dengan tim utama pada tahun 1985. Dia dikontrak oleh Juventus pada tahun 1991, memulai debutnya 17 November 1991 saat Juventus melawan Torino, yang kemudian menjadi kapten sebelum promosi. Selama musim 1998-1999 ketika Del Piero mengalami cedera, Conte kembali menjadi kapten dan memimpin Juventus ke semifinal Liga Champions. Dia mempertahankan ban kapten sampai musim 2001-2002.

Pada musim 2002-2003, Conte adalah bagian dari tim Juventus yang mencapai final Liga Champions hanya saja kalah adu penalti melawan A.C Milan. Ia bermain untuk tim nasional Italia dan merupakan skuad Italia di Piala Dunia 1994 FIFA dan UEFA European Championship 2000. Dia telah memenangkan semua gelar yang diikutinya, namun hanya berhasil mendapat gelar runner- up untuk World Cup dan Piala Eropa.

Karier Pelatih
Setelah pensiun sebagai pemain sepakbola, Conte bekerja sebagai asisten manajer untuk Siena bersama Luigi De Canio di musim 2005-2006. Pada bulan Juli 2006 ia diangkat pelatih klub Serie B, Arezzo, namun setelah serangkaian hasil yang mengecewakan, ia dipecat pada tanggal 31 Oktober 2006.

Pada tanggal 13 Maret 2007 ia masuk kembali ke Arezzo posisi pelatih kepala. Dalam waktu keduanya di Arezzo, ia memimpin tim untuk lima kemenangan berturut-turut, dan 19 poin dalam 7 pertandingan.

Pada tanggal 27 Desember 2007 ia ditunjuk oleh Bari untuk menggantikan Giuseppe Materazzi untuk paruh kedua Serie B 2007-2008. Dia melakukan tugasnya dengan sangat baik, mengubah Bari di musim 2007-2008 dari tim yang terancam degradasi ke posisi tengah klasemen.

Pada musim berikutnya 2008-2009, Bari dimahkotai juara Serie B, yang dipromosikan ke Serie A untuk musim 2009-2010.

Pada Juni 2009, setelah berminggu-minggu banyak rumor yang menghubungkan Conte dengan peran manajerial kosong di Juventus, ia awalnya setuju untuk perpanjangan kontrak untuk tetap di Bari untuk musim baru, namun pada tanggal 23 Juni Bari mengumumkan telah mencabut kontrak dengan Antonio Conte dengan kesepakatan bersama.

Setelah Claudio Ranieri dipecat Juventus, Conte disebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk menjadi pelatih baru. Namun Bianconeri mendatangkan Ciro Ferrara sebagai manajer tim utama. Conte telah menyatakan tak lama sebelumnya bahwa ia ingin menjadi pelatih Juventus di masa depan, karena ia merasa sudah siap untuk menjadi pelatih Juventus.

Pada 21 September 2009 Atalanta menunjuk dia untuk menggantikan Angelo Gregucci. Setelah awal yang baik di kemudi orobici itu, Atalanta di bawah kendali Conte menjadi lebih buruk, yang menyebabkan protes dari para pendukung klub dan masalah antara Conte sendiri dan ofisial klub. Conte akhirnya memilih mengundurkan diri dari klub, meninggalkan mereka di tempat ke-19.

Pada tanggal 9 Mei 2010 ia diumumkan sebagai pelatih kepala baru di Siena, dengan tujuan untuk membawa Siena kembali ke Serie A setelah terdegradasi ke Serie B 2010-2011. Conte berhasil memimpin Siena promosi ke Serie A musim 2011-2012.

Pada 22 Mei 2011 direktur olahraga Juventus, Giuseppe Marotta, mengumumkan bahwa Juventus telah menunjuk Conte sebagai pelatih kepala baru mereka menggantikan Luigi Delneri . Diharapkan bahwa Conte akan memimpin Juventus untuk mereka kembali di atas panggung sepak bola Italia dan Eropa.

Pada tanggal 6 Mei 2012, Conte memimpin Juventus untuk scudetto ke-28 dengan mengalahkan Cagliari 2-0. Setelah mengalahkan Atalanta 3-1, Juventus menyelesaikan liga dengan tak terkalahkan, tim pertama yang melakukannya sejak Serie A diperluas menjadi 20 tim dan 38 putaran. Juventus kalah di final Coppa Italia pada Napoli 2-0.

Kemudian Antonio Conte ditunjuk sebagai pelatih di Chelsea di Liga Inggris 2016-2017 silam, masuknya Conte menjadi gebrakan besar di tanah Britania. Pasalnya, formasi 3-4-3 yang tak umum di Liga Inggris menjadi pedang kemenangan Conte di Chelsea.

Ia sukses mempersembahkan gelar Liga Inggris di musim perdananya melatih Chelsea. Tak hanya itu, Conte juga sukses mengangkat tim yang musim lalu bertengger di posisi ke-10 menjadi juara di musim berikutnya.

Kebersamaan Antonio Conte harus berakhir usai pelatih asal Italia tersebut berhasil menjuarai FA CUP. Rentetan hasil buruk di Liga Inggris serta konflik ruang ganti membuat Conte akhirnya didepan dari Stamford Bridge.

Kemudian Antonio Conte berhasil membuat gebrakan saat menangani Inter Milan sejak tahun 2019-2020. Di musim pertamanya, Conte berhasil membawa Inter lolos ke Final Liga Europa meski harus tumbang di babak puncak.

Pada musim kedua, Inter Milan akhirnya mendapatkan buah manis berupa akhir puasa gelar Liga Italia selama 11 tahun. Meski berhasil menjadi juara Liga Italia, Conte harus didepak setelah ketidaksetujuannya dengan manajemen Inter terkait transfer pemain.

Prestasi Antonio Conte
Terdapat berbagai prestasi yang ditorehkan oleh Antonio Conte baik sebagai pemain maupun pelatih. Prestasinya sebagai pemain Juventus dua diantaranya adalah berhasil meraih Piala Italia (1995) dan Piala Super UEFA (1996).

Saat menangani Juventus dia meraih Scudetto ketiga secara beruntun. Di Inter Milan dia sukses memberi Scudetto pertama selamta 11 tahun terakhir. Sementara, prestasinya sebagai pelatih Chelsea adalah Piala FA (2017 – 2018) dan Liga Utama Inggris (2016 – 2017).

Berikut tadi adalah informasi seputar profil dan biodata Antonio Conte yang dilengkapi dengan perjalanan karier serta prestasinya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Itu tadi informasi mengenai profil biografi dari Antonio Conte. Agar tidak ketinggalan mengenai berita terupdate mengenai berita Antonio Conte lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs PeluitPanjang.id .

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola terupdate saat ini. Dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan sekumpulan berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh dengan memberikan analisis mengenai sebuah pertandingan yang akan berjalan dengan lengkap.

Selain berita dari Antonio Conte ada juga berita terupdate dari pemain bintang, pelatih dan klub beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol, liga seri A Italia dan Ligue 1 Perancis. Fokus PeluitPanjang.id adalah sebagai media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan pemberitaan terlengkap cabang sepak bola top di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini