Ini Doa Berbuka Puasa Sesuai dengan Sunah Nabi Muhammad SAW

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setiap umat muslim di dunia telah mempersiapkan dirinya untuk memasuki bulan suci ramadan 1443 H.

Salah satu yang jangan sampai terlewat adalah menghafal doa berbuka puasa sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari Muslim.or.id doa pertama yang dibaca ketika berbuka puasa Ramadhan adalah mengucapkan Bismillah yang berarti “Dengan menyebut nama Allah”. Doa berikutnya sesuai yang dibaca oleh  Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu mengatakan:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah

yang artinya: Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa’i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Makna Doa Berbuka Puasa

Dalam doa tersebut mengandung makna baik yakni, mengajarkan umat muslim untuk selalu bersyukur karena masih bisa menjalankan ibadah puasa sekaligus menikmati berbuka puasa di saat azan sholat magrib.

Sebagaimana yang diketahui bahwa berbuka puasa menjadi momen yang bahagia dan penuh rasa syukur bagi umat muslim. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kasus DBD di Bantul Menanjak Tajam, Dinkes Ingatkan Masyarakat Galakkan PHBS

Mata Indonesia, Bantul - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mengimbau masyarakat untuk aktif dalam Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai langkah efektif menanggulangi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sedang meningkat.
- Advertisement -

Baca berita yang ini