Bukti Perhatian Pemerintah untuk Papua, Pembangunan Seluruh Venue PON Tembus Rp 2 Triliun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pembangunan seluruh venue PON Papua menelan dana yang tak sedikit. Tidak main-main, jumlah dana untuk membangun venue yang digelontorkan dari APBN dan APBD ini mencapai Rp 2 triliun.

Anggaran cukup besar yang dikucurkan ini merupakan bentuk perhatian pemerintahan Jokowi untuk Papua. Pembangunan beragam venue ini tak lepas dari keinginan pemerintah untuk menciptakan fasilitas olahraga berteknologi tinggi dengan standar internasional.

Salah satu venue pertandingan yakni Stadion Utama Papua Bangkit yang dibangun menjelang PON menelan nilai pembangunan hingga Rp 1,3 triliun. Stadion utama ini berada di kawasan Kampung Olahraga.

Untuk venue aquatic Papua, menelan biaya sebesar Rp 401 miliar. Lokasi pertandingan tersebut sudah sangat sesuai dengan standar FINA atau Federasi Renang Internasional. Proses pembangunannya pun sudah dimulai sejak 2018 lalu.

Kemudian, ada juga venue Istora Papua Bangkit dengan dana pembangunan sebesar Rp 278,57 miliar, dan dikerjakan oleh PT PP (Persero).

Venue lainnya yang juga dilakukan pembangunan lokasi cabor cricket dan hockey dengan biaya Rp 227 miliar. Area lapangan hockey ini dibangun dengan 2 tipe, indoor dan outdoor.

Kementerian PUPR juga melakukan renovasi dan pembangunan kawasan Kampung Harapan yang akan diisi beragam fasilitas penunjang PON seperti lapangan latihan, hotel dan GOR serbaguna. Anggaran atau budget yang digunakan untuk pembangunan tersebut adalah Rp 134 miliar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini