Satu Hari Jelang Penutupan Pendaftaran, KPU Tarakan Terima Dokumen Bacaleg dari 11 Parpol, Ini Daftarnya!

Baca Juga

Mata Indonesia, Tarakan – Hari ke-13 pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Tarakan, KPU telah menerima dokumen dari 11 partai politik.

Parpol tersebut di antaranya Partai Kebangkitan Bangsa, PDIP Perjuangan, NasDem, PKS, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI , Perindo , dan Ummat.

KPU Tarakan pun menyatakan seluruh dokumen bacaleg tersebut dinyatakan lengkap dan lolos ketahapan verifikasi administrasi.

Ketua KPU Tarakan, Nasruddin mengungkapkan dari 11 partai yang telah mendaftar, hanya Partai Ummat yang mendaftar pada dua dapil yakni Tarakan Tengah dan Timur dengan total 16 bacaleg.

“Selebihnya partai lain rata-rata mendaftarkan 30 bacaleg full di seluruh dapil. Hitungan kita kalau tidak salah, masih ada sekitar 8 atau 9 parpol yang belum menyerahkan berkas. Yang jelas kami tunggu sampai tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita,” ucapnya kepada awak media di Tarakan, Sabtu 13 Mei 2023.

Sebagai informasi pendaftaran bacaleg berlangsung selama 14 hari. Yakni mulai tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. “Ada 4 tahapan pencalonan. Pertama, pengajuan bakal calon dan kedua administrasi bakal calon, yang ketiga penetapan daftar caleg sementara dan terakhir penetapan daftar penetapan caleg,” ucapnya.

Di hari terakhir pendaftaran bacaleg yakni Minggu 14 Mei 2023, kata Nasruddin, KPU telah menerima konfirmasi bahwa ada 7 parpol yang akan melakukan pendaftaran bacaleg , di antaranya Partai PKN pukul 10.00 Wita, Gerindra pukul 14.00 Wita, Gelora pukul 15.30 wita, dan Golkar pukul 16.00 Wita.

Sementara tiga parpol lainnya yakni PPP, Partai Buruh, dan Partai Garuda hanya mengkonfirmasi bahwa akan melakukan pendaftaran Minggu 14 Mei 2023. “Namun belum mengkonfirmasi jam pendaftaran bacalegnya,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini