WNI Korban Penipuan di Kamboja Lebih dari 60 Orang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Warga negara Indonesia (WNI) korban penipuan di Kamboja ternyata lebih dari 60 orang.

Saat ini, pemerintah sudah berhasil menyelamatkan 62 Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penipuan di Sihanoukville, Kamboja, akhir pekan lalu.

Namun, sejumlah pekerja migran diketahui masih bekerja di sana sehingga keluarganya berharap Pemerintah juga membebaskan mereka.

Seorang istri korban yang berinisial I mengatakan berharap penjemputan terhadap sang suami dan sepupunya bisa dilakukan segera.

Mereka semua tertekan karena sistem kerja yang mengharuskan mereka mencapai target setiap harinya.

“Saya berharap dan memohon untuk segera menjemput suami saya, sepupu dan teman-temannya. Karena, di sana tersiksa dan selalu ditekan untuk mencari omzet,” kata I dalam konferensi pers secara daring yang digelar Migrant CARE, Senin 1 Agustus 2022.

Mereka pada umumnya dijanjikan gaji luar biasa, hasilnya nol.

Jika tidak mencapai target mereka dipukul, disetrum, bahkan ada yang sampai paspornya dibakar karena tidak membayar denda.

Pada 2021 Kedutaan Besar RI (KBRI) Phnom Penh telah berhasil menangani dan memulangkan 119 WNI korban investasi palsu.

Namun pada 2022 kasus serupa justru semakin meningkat di mana hingga Juli 2022, tercatat terdapat 298 WNI menjadi korban. Baru 133 di antaranya yang berhasil dipulangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini