WHO: Penularan Covid-19 di DKI, Bali, Banten Sangat Tinggi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Peringatan keras dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Lembaga ini menyoroti tiga provinsi di Indonesia yang mengalami peningkatan transmisi komunitas (TK) virus corona (Covid-19) hingga level 4. Tiga provinsi itu adalah DKI Jakarta, Bali, dan Banten.

WHO merinci temuan insiden kasus Covid-19 per 100 ribu penduduk dalam sepekan di tiga provinsi tersebut. Rinciannya,

  • DKI Jakarta 641,2 kasus;
  • Bali 204,3 kasus
  • Banten 188,3 kasus.

Sementara transmisi komunitas per 100 ribu penduduk dalam sepekan di 31 provinsi lainnya di bawah 100 kasus atau TK3-TK1.

”Tiga provinsi berada pada tingkat transmisi komunitas (TK4) yang sangat tinggi selama sepekan pada 7-13 Februari 2022,” tulis laporan WHO. Kamis 17 Februari 2022.

WHO kemudian menjelaskan, TK1 dapat berarti tingkat penularan rendah dengan parameter kurang dari 20 persen. Kemudian TK2 penularan sedang dengan parameter mingguan kasus di antara 20-50.

Lalu TK3 penularan tinggi dengan parameter kasus di atas 50 dan di bawah 150 kasus, sementara TK4 penularan yang sangat tinggi di atas 150 kasus.

Melihat temuan itu, WHO meminta agar pemerintah Indonesia lebih memperkuat sistem surveilans melalui testing, tracing, dan treatment (3T).

”Berdasarkan pedoman interim WHO, itu menunjukkan ada risiko yang sangat tinggi penularan Covid-19 baik untuk populasi umum maupun insiden penularan lokal yang sangat tinggi,” ujar WHO.

Kementerian Kesehatan sebelumnya mengkategorikan level asesmen situasi penanggulangan Covid-19 berdasarkan 2 kategori yaitu tingkat penularan atau transmisi komunitas dan kapasitas respon.

Masing-masing kategori ini terbentuk oleh indikator. Kategori tingkat penularan oleh indikator kasus konfirmasi, perawatan dan kematian, sedangkan kapasitas respons terbentuk oleh indikator testing, tracing dan treatment.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini