Warga NTT Kini dapat Pasokan Air Bersih Hasil Sulingan Air Laut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Minimnya ketersedian air bersih di NTT, membuat Bank mandiri bersama PT Indra Karya (Persero) memutar otak agar kebutuhan air bagi masyarakat dan nelayan di NTT bisa terpenuhi.

Melalui program Desalinasi Air, di mana air laut disaring menjadi air tawar yang bisa dipakai oleh masyarakat dan nelayan di NTT.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Manggarai Barat, Mengayung mengatakan, biasanya nelayan harus mengeluarkan uang hingga Rp 50.000 per hari untuk mendapatkan air bersih.

“Biasanya masyarakat di sini beli air bersih Rp5.000-7.000 per jerigen. Karena per KK biasanya membutuhkan 7-8 jeriken per hari. Sehingga rata-rata satu KK mengeluarkan Rp50.000 per hari untuk air bersih. Jadi kalau (program) ini bisa meminimalisir dari pembelian air,” kata Mengayung di Labuan Bajo, NTT.

Dia menjelaskan, program ini juga sangat penting karena sumber air yang diambil berasal dari air laut, sehingga tidak merusak alam. Sebab menurutnya, jika terus memanfaatkan air darat dengan sumur bor dikhawatirkan akan terjadi longsor.

“70 persen wilayah Indonesia kan terdiri dari laut. Manggarai barat luas perairannya lebih besar dari daratan. Luas laut sekitar 7.000-an per km2 dengan luas daratan 2.000-an per km2. Jadi kita tidak akan kekurangan air. Kami di Menggarai Barat terdapat 264 pulau, dengan 13 pulau yang baru berpenghuni. Dari 13 pulau tersebut, jumlah nelayan mencapai 1.900. Sehingga jika ini selesai maka program ini bisa dinikmati oleh ribuan nelayan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini