Waduh, Merapi Dua Kali Luncurkan Awan Panas

Baca Juga

MINEWS.ID, YOGYAKARTA – Sampai Kamis 7 Maret 2019 siang, Gunung Merapi dua meluncurkan awan panas yang sering dijuluki wedhus gembel.

Menurut laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) luncuran pertama terjadi pada pukul 07.44 WIB sejauh 1.200 meter ke arah Kali Gendol. Lama luncuran 121 detik.

Sedangkan luncuran kedua terjadi pada pukul 10.17 WIB dengan jarak luncur 1000 meter dan durasi 97 detik. Arahnya juga menuju Kali Gendol.

Pada pengamatan sebelumnya yaitu antara 06.00 WIB – 12.00 WIB gunung paling aktif di Jawa itu tampak melontarkan guguran lava pijar sebanyak lima kali ke arah tenggara. Jarak luncurnya sekitar 300 – 650 meter.

Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.

Rekomendasinya dilarang melakukan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Mengingat arah guguran lava dan awan panas jarak luncurnya semakin jauh, BPPTKG mengimbau warga di kawasan alur Kali Gendol harus meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya.

Untuk informasi yang akurat bisa menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG.

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini