Varian Omicron Terdeteksi, Kasus Covid-19 di Sumsel Melonjak

Baca Juga

MATA INDONESIA, PALEMBANG – Penyebaran varian omicron di sejumlah daerah sangat cepat. Di Palembang misalnya. Dinas Kesehatan Sumsel menyatakan sudah ada beberapa pasien yang positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

Kasus positif di ‘Bumi Sriwijaya’ pun mengalami lonjakan beberapa hari terakhir. Data dari Dinkes mencatat, pada Kamis 3 Februari 2022 terdapat penambahan 112 kasus positif, lalu pada Jumat 4 Februari 2022 bertambah lagi 116 kasus baru. Jumlah ini mengalami lonjakan dimana kasus positif harian sebelumnya hanya berkisar 20 orang.

”Sudah ada kasus varian Omicron yang terdeteksi di Sumsel,” kata Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini, Sabtu 5 Februari 2022.

Menurutnya, kepastian itu setelah adanya hasil sampel yang dikirim ke Litbangkes RI. Setidaknya butu waktu sekitar 2 minggu sampai ada hasil dari pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) dari pusat.

”Jadi kita baru dapat hasilnya kemarin. Varian Omicron ini tidak lebih ganas dari Delta, hanya saja tingkat penularannya lebih cepat,” katanya.

 

Lesty menyebut yang terpenting saat ini bukan hasil apakah varian Omicron atau bukan. Melainkan menerapkan disiplin protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan.

“Patuhi prokes, karena memang saat ini sedang terjadi peningkatan kasus COVID-19. Untuk itu diimbau disiplin prokes, jangan kendor,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini