Varian Baru Covid-19 Semakin Banyak, Whole Genom Sequencing Harus Ditingkatkan di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk mendeteksi varian baru Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 di Indonesia, pemeriksaan whole genom sequencing harus sering dilakukan.

Deteksi itu diperlukan sangat diperlukan berbagai varian baru Covid-19 yang kini semakin banyak ditemukan seperti Varian Omicron.

“Pemeriksaan whole genom sequencing harus ditingkatkan untuk melacak dan mendeteksi mutasi virus,” ujar Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr. Daniel Joko Wahyono MBiomed, Senin 29 November 2021.

Deteksi dini tersebut harus dilakukan untuk memitigasi varian-varian baru tersebut dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh pihak.

Untuk mengantisipasi lonjakan yang signifikan setidaknya perlu dilakukan dua hal ini yaitu pembatasan mobilitas masyarakat dan memperkuat protokol kesehatan.

Selain itu, program vaksinasi Covid-19 juga harus terus dipercepat agar segera tercapai kekebalan komunal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini