Universitas Paramadina Berduka, Sang Rektor Firmanzah Tutup Usia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rektor Universitas Paramadina Prof Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu 6 Februari 2021 di Jakarta, dalam usia 44 tahun.

Firmanzah dikenal sebagai seorang ahli di bidang ekonomi. Ia menjadi Rektor Universitas Paramadina sejak 2015 lalu, menggantikan Anies Baswedan.

Pria kelahiran Surabaya, 7 Juli 1976 ini menjadi profesor termuda di Universitas Indonesia (UI), yakni pada usia 34 tahun.

Ia adalah lulusan University of Lille, dan mendapat gelar doktor dari University of Pau et Pays de l’Adour Prancis. Firmanzah pernah mengajar di salah satu kampus di Prancis saat dalam proses menyelesaikan gelar doktornya.

Ia pulang kembali ke Tanah Air pada 2005 atas permintaan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) UI kala itu, Prof Bambang Brodjonegoro. Karirnya di UI melesat dengan cepat.

Pada 2009, ia diangkat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia hingga tahun 2013. Kala ia diangkat debagai dekan, usianya masih 32 tahun.

Untuk itu ia tercatat sebagai dekan termuda dalam sejarah yang pernah menjabat di Universitas Indonesia (UI).

Kemudian, pada 2012 lalu, Firmanzah diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai staf khusus bidang ekonomi. Ia menjabat posisi tersebut hingga tahun 2014, seiring lengsernya SBY dari kursi kepresidenan.

Sebagai akademisi, Fiz telah menerbitkan puluhan jurnal baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga telah menerbitkan beberapa buku yang ditulisnya sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini