Unik, Negara Ini Punya Mata Uang Bergambar Pikachu Hingga Karakter Disney

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya, gambar di mata uang adalah sosok pahlawan atau sesuatu yang melambangkan sejarah masing-masing negara. Namun, pernahkah terlintas di benak kamu mata uang resmi suatu negara menyantumkan karater kartun seperti Pokemon hingga tokoh-tokoh Disney?

Jawabannya ada, yaitu negara Niue. Itu merupakan negara kecil berbentuk kepulauan di Samudra Pasifik berjarak sekitar 2.400 kilometer dari pantai Selandia Baru.

Niue adalah negara merdeka, namun menjadi bagian dari Persemakmuran Selandia Baru sehingga kepala negaranya tetap Ratu Elizabeth II di Inggris.

Sementara mata uang yang digunakan adalah Dolar Niue. Menurut CIA, Niue sebenarnya tidak perlu memiliki mata uangnya sendiri karena secara resmi menggunakan dolar Selandia baru.

Negara itu telah mengeluarkan Dolar Niue sejak tahun 1966. Gambar yang dicantumkan pada mata uang itu adalah tokoh negara termasuk Ratu Elizabeth di bagian depannya, sedangkan di bagian belakang tokoh lokal.

Dalam beberapa tahun terakhir, Niue mengalami penurunan populasi karena migrasi ke negara induknya, Selandia Baru. Maka untuk meningkatkan minat masyarakat dunia datang ke pulau itu diputuskanlah suatu ide.

Karena masyarakat Niue sangat menyukai budaya pop, di tahun 2001 para pemimpin negara itu meminta kepada perusahaan pembuat uang koin, New Zealand Mint membuatkan sesuatu yang lucu dan “tidak terlalu Niue.”

Hingga akhirnya, para pejabat negara tersebut memutuskan menyantumkan karakter Pokémon yaitu Pikachu pada koin mata uang Niue bernilai 1 dolar Selandia Baru.

Jadi tampilan koin itu terdiri dari gambar lambang Niue pada satu sisinya dan Pikachu, Bulbasaur, Charmander, Squirtle atau Meowth di sisi satunya lagi.

Alasan Niue meletakkan gambar karakter tersebut pada mata uang yaitu untuk memperingati peristiwa khusus dan pemerintah di sana ingin setiap tahunnya menerbitkan yang baru.

Ini juga bukan koin peringatan murahan, melainkan dibuat dengan baik dan berlisensi. Koin Pokemon Niue merupakan alat pembayaran yang sah dan dapat digunakan untuk membeli barang. Tetapi, kebanyakan orang membelinya untuk dijadikan barang koleksi.

Semua orang menyukai keputusan itu dan menjadi langkah yang sukses. Serial koin bertema kartun ini pun berlanjut dengan karakter dari Disney, Star Wars di satu sisi dan Ratu Elizabeth ll di sisi lainnya.

Setiap tahunnya, Pemerintah Niue mengeluarkan koin yang menampilkan ikon budaya pop seperti pada 2011, mencetak 10 koin perak menampilkan gambar Darth Vader, Yoda, Luke Skywalker, Princess Leia, Chewbacca, Han Solo, Palpatine, dengan nilai nominal masing-masing 1 dolar Selandia Baru atau 2 dolar Selandia Baru.

Pada 2013, untuk merayakan ulang tahun ke-50 acara fiksi ilmiah Inggris Dr Who, New Zealand Mint meluncurkan koin dengan karakter terkenal di dalamnya. Koin peringatan perak ini menampilkan Doctor Who dengan Dalek, Eleventh Doctor, dan Weeping Angel.

Karakter Disney pun tak terlupakan, pada 5 Maret 2018 terdapat koin dengan karakter Cinderella, putri Disney. Koin perak ini memiliki batu permata aqua-blue berbentuk hati yang sesuai dengan gaun pesta CindePerella.

Mereka juga mencetak koin dengan karakter seperti Donald Duck, Goofy, Pluto, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga menghasilkan karakter seperti Scooby Doo, Minnie Mouse dengan nilai masing-masing senilai 1 dolar Selandia Baru. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini