Tolak Mandat Vaksin, Ribuan Demonstran Padati Gedung Parlemen Kanada

Baca Juga

MATA INDONESIA, OTTAWA – Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di depan Gedung Parlemen Kanada pada Sabtu (29/1) dalam demonstrasi damai.

“Konvoi Kebebasan” awalnya menentang mandang vaksinasi yang ditetapkan oleh pemerintah PM Justin Trudeau, namun berubah menentang kebijakan pemerintah yang dianggap terlalu ketat.

Demonstrasi yang diinisiasi oleh para pengendara truk yang terorganisir berangkat akhir pekan lalu dari provinsi barat British Columbia. Konvoi itu mengalir dalam jumlah besar dalam perjalanan ke Ottawa.

Konvoi itu diselenggarakan sebagai tanggapan terhadap peraturan yang diterapkan oleh pemerintah yang mewajibkan para pengemudi truk yang kembali dari Amerika Serikat (AS) menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19.

Mobil pribadi dan truk pick-up jauh melebihi jumlah truk berat yang membentuk konvoi di hari-hari pertamanya. Sepanjang Sabtu, kendaraan-kendaraan tersebut memadati jalan-jalan di dalam dan sekitar Gedung Parlemen, kebanyakan dari mereka membawa bendera atau rambu-rambu yang mencela tindakan kesehatan masyarakat terkait dengan pandemi.

Ribuan pengunjuk rasa berjalan kaki, banyak yang membawa tanda-tanda buatan tangan pada tongkat hoki, berjalan melalui kendaraan yang diparkir menuju halaman di depan Parlemen.

Beberapa dari para pengunjuk rasa membawa bendera Kanada terbalik; setidaknya satu bendera bergambar swastika. Udara dipenuhi dengan asap diesel dan suara klakson klakson.

Mandat vaksinasi untuk awak kapal, pekerja kereta api, dan maskapai penerbangan telah berlaku sejak 30 Oktober. Pada 15 Januari, mandat tersebut diberlakukan untuk para pengemudi truk yang kembali dari AS.

“Anda mungkin melihat beberapa rak kosong di toko kelontong Anda,” Erin O’Toole, pemimpin Partai Konservatif, melansir New York Times, Minggu, 30 Januari 2022.

“Itu karena Justin Trudeau menempatkan mandat bahwa semua pengemudi truk yang memasuki negara ini, baik Kanada atau Amerika, harus divaksinasi sepenuhnya,” sambungnya.

PM Trudeau menjelaskan bahwa protes tersebut tidak akan membuat pemerintahnya membatalkan mandat vaksin. Bagaimanapun, hal itu tidak akan memiliki efek praktis: Amerika Serikat mewajibkan vaksin bagi pengemudi truk Kanada yang melintasi perbatasannya mulai 22 Januari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini