Tidur Cukup Sebelum dan Sesudah Disuntik Vaksin Covid19 Cepat Naikkan Imunitas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pentingnya tidur yang cukup sebelum dan sesudah mendapat suntikan Vaksin Covid19 sangat membantu meningkatkan respons imunitas kita.

Pesan dari epidemiolog Pandu Riono tersebut diterima Mata Indonesia News, Selasa 16 Maret 2021.

“Tidur yang cukup setelah divaksinasi dan waktu vaksinasi yg segar di pagi hari karena tidur yg cukup dapat meningkatkan respon imunitas kita,” kata Pandu yang sering dipanggil sebagai juru wabah tersebut.

Pandu mengungkap hal tersebut berdasarkan artikel yang dimuat Jurnal Medis soal Pernapasan Lancet edisi 12 Maret 2021 berjudul Could a good night’s sleep improve COVID-19 vaccine efficacy?

Menurut jurnal yang ditulis Christian Benedict dan Jonathan Cedernaes itu durasi tidur setelah mendapat suntikan vaksin bisa meningkatkan repons imun tubuh kita.

Misalnya, 10 hari setelah vaksinasi terhadap virus seasonal influenza antibodi seseorang yang mendapat vaksin dengan tidur empat jam sehari dalam kurun empat hari berturut-turut kurang dari setengah mereka yang tidur lebih dari empat jam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini