Tempat Jokowi Shalat Ied, Bekas Lokasi Bulan Madu Raja dan Ratu Belgia

Baca Juga

MINEWS.ID, BOGOR – Seperti diberitakan, Presiden Jokowi melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Minggu 11 Agustus 2019 ini. Ternyata nama Astrid berasal dari seorang ratu Kerajaan Belgia yang menikahi Raja Leopold III.

Menurut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Raja Leopold III dan Ratu Astrid melakukan kunjungan ke Kebun Raya Bogor pada 1928 untuk berbulan madu.

Setahun setelah kunjungan bulan madu itu, dibuatlah flower bed atau bunga tasbih (Canna hibrida) dengan warna-warna bunga, kelopak dan daun yang mewakili bendera Belgia yaitu merah, kuning, dan hitam.

Flower bed tersebut ditanam dalam 29 petak yang melambangkan tahun 1929, dan memanjang di pinggir jalan sekitar 100 meter. Sejak itu jalan tersebut dinamai Jalan Astrid (Astrid Avenue).

Hingga kini kondisi jalan dan bunga-bunga tasbih itu tetap dirawat hingga sediakala sebagai lambang hubungan erat Indonesia dan Belgia.

Hal itu terbukti dari kunjungan cucu sang ratu juga bernama sama 16 Maret 2016. Perempuan yang dipanggil dengan Adipati Wanita Agung Astrid melakukan sejumlah kegiatan seperti menanam pohon untuk mengenang kakek dan neneknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini