Strategi Penanganan Covid-19 di Indonesia Diubah, Tak Lagi Kejar Kekebalan Komunal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah mengubah strategi penanganan Covid-19 dari semula mengejar kekebalan komunal dengan vaksinasi menjadi mengendalikan pandemi karena mutasi Virus SARS-Cov-2 menjadi varian Delta.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan yang dipercaya mengoordinasikan penanganan Covid-19 di Jawa Bali, Selasa 24 Agustus 2021.

Varian tersebut, menurut Luhut, memiliki angka reproduksi antara 5,0 sampai dengan 8,0 kali, sementara tingkat efikasi vaksin rata-rata 60 persen.

Untuk bisa mengendalikan pandemi tersebut, Pemerintah Jokowi menerapkan tiga langkah strategis menurunkan angka reproduksi atau penularan Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19.

Ketiganya adalah mengurangi proporsi populasi yang rentan terhadap infeksi virus itu melalui penerapan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan menyuci tangan dengan sabun) dan melakukan tes-lacak-isolasi/obati.

Hal kedua adalah mengurangi durasi kontak antarmanusia dan ketiga meningkatkan proporsi populasi yang kebal atau imun melalui vaksinasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini