Status Waspada Corona di Singapura Naik, Kini Warnanya Oranye

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Otoritas Singapura memutuskan untuk menaikkan status level wabah corona dari warna kuning ke oranye, satu tingkat di bawah merah.

Sistem waspada wabah penyakit (DORSCON) di Singapura terdiri empat jenis kategori, yakni hijau, kuning, oranye dan merah. Masing-masing status menunjukkan apa yang perlu dilakukan untuk pencegahan dan mengurangi dampak infeksi.

DORSCON oranye diartikan penyakit ini dianggap parah dan menyebar dengan mudah dari orang ke orang, tetapi belum menyebar luas.

Status oranye juga pernah dilakukan ketika wabah virus H1N1. Singapura menyadari virus corona memiliki penyebaran virus yang serupa dengan H1N1 sehingga perlu dilakukan kewaspadaan tinggi.

Mengutip Channel News Asia, Jumat 7 Februari 2020, setelah keputusan itu, seluruh kegiatan sekolah dipastikan libur hingga Maret, termasuk semua kegiatan eksternal yang mengancam para siswa.

“Saya mengerti bahwa orang Singapura cemas, khawatir dan ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang virus ini,” kata Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

Ia berharap, semua tindakan pencegahan dan penanganan virus corona yang telah dilakukan Singapura berbuah hasil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini