Semangat Jokowi Terhadap BBM Satu Harga Tak Pernah Kendor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu program andalan Jokowi di awal jabatan kepresidenannya adalah bahan bakar minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia. Lalu bagaimana kabarnya sekarang?

Program itu dicanangkan Presiden Jokowi pada pertengahan Oktober 2016 di Yahukimo, Papua.

Pada periode 2017-2019 program itu berhasil diterapkan pada 160 titik di 21 daerah kabupaten terpencil, mulai dari Papua hingga Kalimantan Barat.

Sepanjang 2020, ditambah lagi menjadi 83 titik yang tersebar dari Aceh (1 titik), Riau & Kepulauan Riau (3 titik), Sumatera Utara (4 titik), Sumatera Selatan (3 titik), dan Lampung (3 titik).

Selain itu, Bengkulu (1 titik), NTB (6 titik), NTT (7 titik), Kalimantan Barat (3 titik), Kalimantan Selatan (2 titik), Kalimantan Timur (1 titik), Kalimantan Utara (4 titik), Sulawesi Tengah (3 titik), Sulawesi Selatan (2 titik), Maluku & Maluku Utara (20 titik), Papua & Papua Barat (20 titik).

Penerapan BBM satu harga di 83 titik pada tahun ini merupakan sebuah prestasi karena dilakukan di tengah pandemi Covid19.

“Hingga 2024 sesuai roadmap, Pertamina menargetkan pembangunan BBM Satu Harga mencapai 500 titik. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina untuk membantu Pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

Sejak mulai beroperasinya lembaga penyalur BBM Satu Harga, masyarakat terutama di wilayah timur Indonesia tidak harus menguras kantongnya karena harus membeli Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu per liter BBM.

Masyarakat kini bisa membeli BBM sesuai harga di Pulau Jawa yaitu premium Rp 6.450 per liter dan solar Rp 5.150 per liter.

Untuk memenuhi kebutuhan BBM satu harga, Pertamina memanfaatkan hampir semua moda transportasi yang ada mulai udara, laut dan darat.

Wilayah yang sulit dijangkau dengan moda darat atau mobil tangki, seperti di Kalimantan dan Papua, Pertamina menggunakan alternatif pengangkutan BBM menggunakan Pesawat ATR dengan kapasitas 4.000 liter. Sedangkan, untuk wilayah kepulauan, Pertamina memanfaatkan moda kapal laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini