Seluruh Moda Transportasi Segera Terapkan PeduliLindungi Sabtu Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seluruh moda transportasi akan menerapkan aplikasi PeduliLindungi yang mulai dilakukan serentak, Sabtu 28 Agustus 2021.

“Transportasi menjadi salah satu sektor yang penting mengatur mobilitas di masa pandemi Covid-19. Simpul-simpul transportasi seperti: terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara menjadi bagian dari filter kita untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Untuk itu, melalui penerapan aplikasi PeduliLindungi diharapkan bisa mengelola mobilitas di tengah pandemi dengan baik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa 24 Agustus 2021.

Budi Karya telah menginstruksikan para direktur jenderal pada Kemenhub untuk segera menyusun aturan yang mendukungnya agar bisa segera diterapkan para penyelenggara sarana dan prasarana transportasi.

Menteri Perhubungan meminta seluruh operator atau penyelenggara sarana dan prasarana transportasi baik yang dikelola kemenhub, BUMN, maupun swasta mempersiapkan diri, baik secara sistem maupun prosedurnya, agar penerapan aplikasi PeduliLindungi ini dapat berjalan dengan baik.

Dia meminta sosialisasi harus dilakukan dengan baik, agar tidak ada masyarakat yang kebingungan dengan aturan baru itu.

Budi Karya meminta pada tahap awal para petugas yang berada di simpul-simpul transportasi harus membantu masyarakat pengguna jasa transportasi yang masih belum mengetahui aturan itu.

Aplikasi tersebut sudah diterapkan di sektor transportasi udara sejak Juli 2021 di beberapa bandara.

Kemenhub juga telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 62 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, di mana terdapat satu klausul yang mewajibkan penumpang pesawat udara untuk menggunakan Sistem Informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini