Sektor Industri Dasar Bikin IHSG Anjlok di Awal Pekan

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) alias tolok ukur sejumlah perdagangan di BEI ditutup melemah pada perdagangan awal pekan ini, 7 Oktober 2019. IHSG ditutup melemah satu persen ke level 6.000,58.

Mengutip data RTI Business, sebanyak 272 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sementara 131 saham menguat dan 138 saham diam di tempat.

Meski demikian, transaksi perdagangan saham Senin ini cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 441.272 kali dengan volume perdagangan 17,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham mencapai 7 triliun rupiah. Sementara, investor asing jual bersih di seluruh pasar sebesar 144,84 miliar.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, seluruhnya berada di zona merah. Pelemahan dipimpin oleh sektor industri dasar yang turun 2,51 persen, disusul sektor manufaktur turun 1,75 persen dan sektor barang konsumsi yang turun 1,47 persen.

Bursa saham Asia seperti Nikkei 225 Jepang juga melemah 0,16 persen. Cuma Strait Time Index Singapura yang menguat 0,69 persen. Sementara Hang Seng Hongkong dan Shanghai Composite index libur.

Selanjutnya bursa saham Eropa juga melemah. GDAXI Jerman melemah 0,08 persen dan FTSE London turun 0,03 persen.

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini