Sediakan 6.500 Dosis, BIN Lanjutkan untuk Pelajar dan Santri di Banyumas

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANYUMAS – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah atau Binda Jateng menggelar vaksinasi massal bagi pelajar dan santri di Kabupaten Banyumas.

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan bahwa untuk kegiatan kali ini pihaknya menyediakan sebanyak 6.500 dosis vaksin Sinovac.

Kegiatan vaksinasi ini digelar pada lima lokasi, yakni di SMP Muhammadiyah BS Ponpes Zam Zam Cilongok dan SMP Negeri 3 Kebasen.

“Sementar vaksinasi untuk masyarakat yang dilaksanakan dari rumah ke rumah (door to door) di Desa Tinggarjaya (Kecamatan Jatilawang) dan Desa Banteran serta Wangon (Kecamatan Wangon),” ujarnya, Selasa 19 Oktober 2021.

Ia menjelaskan bahwa program vaksinasi door to door ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kepala BIN Jenderal Polisi Purnawirawan Budi Gunawan untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksin.

“Dengan vaksinasi door to door, maka potensi kerumunan di pusat-pusat vaksinasi dapat diminimalisasi sehingga lebih aman dari kerumunan, di samping sistem door to door juga terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan akselerasi program vaksinasi 3 juta dosis per hari dari pemerintah, sehingga target herd immunity atau kekebalan kelompok tercapai pada akhir 2021.

Kendati telah divaksin, Sondi mengharapkan pelajar, santri dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker dan rajin mencuci tangan ketika beraktivitas.

Kegiatan vaksinasi ini disambut baik oleh kalangan pelajar. Seorang pelajar kelas VIII SMP Muhammadiyah BS Ponpes Zam Zam Cilongok Muhammad Nofran Yuanda mengharapkan dengan adanya program vaksinasi, kegiatan pembelajaran tatap muka dapat segera dilaksanakan kembali.

“Kami juga merasa yakin dan tidak was-was setelah divaksin. Selama ini pembelajaran secara daring menyulitkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini