Sedang Tinjau Vaksinasi, Gibran Rakabuming Raka Mendadak Bergelar Pangeran

Baca Juga

MATA INDONESIA, SURAKARTA – Putra sulung Presiden Jokowi yang kini menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka secara mendadak mendapat gelar pangeran dari Raja Keraton Solo, Paku Buwono XIII dengan gelar Kanjeng Pangeran Widura Nagara.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo, mengatakan gelar itu berasal dari tokoh Mahabharata, Widura.

Widura lah yang mencegah Pandawa menjadi korban kelicikan Kurawa dan dia pula yang menjadi juru damai saat kedua keluarga tersebut terlibat peperangan.

“Nama yang melekat pada Mas Gibran ini supaya bisa mengayomi, ngayemi masyarakat,” ujar Dipokusumo, Senin 20 September 2021.

Pemberian gelar tersebut sudah menjadi tradisi Keraton Solo. Gelar biasa diberikan kepada orang berpengaruh maupun yang memiliki kepedulian terhadap budaya. Kini Wali Kota Solo itu menjadi Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagara.

Pemberian gelar dilakukan mendadak saat Gibran sedang meninjau vaksinasi Covid-19 abdi dalem keraton sehingga dia tidak mengenakan pakaian adat Solo.

Saat menjadi Wali Kota sebelumnya, ayah Gibran, Jokowi juga pernah dianugerahi gelar bangsawan tersebut, namun ditolaknya karena dia merasa tidak berjasa untuk keraton.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini