Sebelum Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Cuci Tangan dan Basuh Muka dengan Air Sumur Rumah Pengasingan Soekarno

Baca Juga

MATA INDONESIA, ENDE – Sebelum memimpin upacara Hari Lahirnya Pancasila, Presiden Jokowi sempat membasuh tangan dan wajahnya dari air sumur di rumah tempat Soekarno diasingkan ke kota itu tahun 1934-1938.

Sebab, sebelum ke Lapangan Pancasila Ende untuk memimpin upacara, Presiden Jokowi menyempatkan mampir ke “Rumah Pembuangan Soekarno.”

Dia masuk dari ruang tamu hingga ruang tidur dan terakhir menuju sumur yang ada di bagian tengah rumah pembuangan itu.

Tampak seseorang dengan pakaian adat Ragi Lambu Luka Lesu menimba air menggunakan kerekan tradisional.

Setibanya ember timbaan itu tiba di atas sumur, Presiden Jokowi pun tampak menyuci tangan serta membasuh wajahnya dengan air sumur tersebut.

Sementara usai memimpin upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi menghampiri tempat Presiden Soekarno “menemukan” Pancasila yang bersebelahan dengan tempat upacara.

Di situ Presiden diceritakan tentang pohon sukun bercabang lima di mana Soekarno sering duduk di bawahnya saat memikirkan ideologi negara Indonesia tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini