Sebelum Berulang Tahun, BJ Habibie Ziarahi Makam Istri

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dikabarkan menziarahi makam istrinya, Hasri Ainun, Senin 24 Juni 2019 sore atau satu hari sebelum dia berulang tahun Selasa 25 Juni 2019 ini.

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie memang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936.

Dia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

Habibie menjabat Presiden Indonesia hanya satu tahun dan lima bulan. Dia menjabat wakil presiden juga hanya selama dua bulan dan tujuh hari. Keduanya tercatat sebagai jabatan wakil presiden dan presiden Indonesia tersingkat.

Habibie adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Ayahnya yang berprofesi sebagai ahli pertanian berasal dari etnis Gorontalo, sedangkan ibunya beretnis Jawa. R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang spesialis mata di Yogya.

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Dia menghabiskan pendidikan SMA -nya di SMAK Dago Bandung. Setelah itu belajar teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1954.

Pada 1955–1965 Habibie melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Berita Terbaru

Pemerintah Siapkan Berbagai Langkah Strategis Hadapi Tantangan dalam Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu...
- Advertisement -

Baca berita yang ini