Puskesmas Berperan Besar Putus Penularan Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyaknya dramatisasi tayangan soal Covid19 membuat masyarakat cenderung panik terlebih dahulu saat dinyatakan positif terpapar penyakit itu. Maka, edukator Covid19 Pritania Astari, Grace Iva dan Diana mengungkapkan pentingnya puskesmas saat ini untuk memutus penularan penyakit itu.

Menurut Pritania dan kawan-kawan, mereka, terutama yang melakukan tes Covid19 secara mandiri, sering tidak tahu harus melakukan apa saat mengetahui positif terpapar atau terinfeksi.

“Tak jarang yang memutuskannya sendiri tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, sehingga justru membahayakan diri dan keluarga,” ujar Pritania yang juga peneliti kesehatan masyarakat dari Universitas Gajah Mada (UGM), seperti pesan yang diterima Mata Indonesia News, Kamis 8 Juli 2021.

Edukator Covid19 itu mengharapkan setiap orang yang terpapar, apalagi terinfeksi Covid19 jangan berkonsultasi dengan keluarga atau orang yang bukan petugas kesehatan.

Cara paling baik adalah melaporkan kondisi kesehatan kita kepada Puskesmas di lingkungan kita berada.

Maka, puskesmas harus bisa menjadi tempat pengambilan keputusan bagi mereka yang terpapar atau terinfeksi Covid19, apakah langsung dirawat di rumah sakit atau cukup dengan melakukan isolasi mandiri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini