Puncak Penularan Covid India Baru Tercapai Pertengahan Mei, Angkanya 440 Ribu Kasus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dengan angka penularan 330 ribu per hari pada 26 April 2021, gelombang kedua Pandemi Covid19 India belum mencapai puncaknya. Diperkirakan puncak itu akan tercapai minggu depan dengan angka penularan 440 ribu per hari.

Itu adalah prediksi ilmuwan Indian Institute of Technology yang mencengangkan masyarakat luas.

Angka itu bahkan melewati catatan tertinggi di dunia sebelum ini sebesar 300.669 yang terjadi di Amerika Serikat pada 8 Januari 2021, dan 15 kali lebih tinggi dari rata-rata kasus baru di Indonesia.

Begitu juga dengan kematian akibat Covid19 saat ini yang menurut statistik Johns Hopkins University rata-rata mencapai 2.481 orang per hari. Jauh di atas rata-rata angka Amerika Serikat yaitu 706 kematian per hari.

Angka-angka itu sangat mengejutkan karena dua bulan lalu India sudah menyatakan berhasil menekan Covid19 di mana jumlah kasus menurun 90 persen dari puncak gelombang pertama pandemi September tahun lalu yang angkanya sekitar 100 ribu -an kasus per hari.

Kini, India menjadi negara dengan situasi pandemi terburuk di dunia. Salah satunya tergambar dari banjir pesan pertolongan di media sosial, mulai dari pasien dan pengelola rumah sakit yang menjerit kekurangan pasokan oksigen, sampai dokter yang tanpa daya menyaksikan pasien meregang nyawa karena rumah sakit sudah tak mampu menanggung beban yang kian besar.

Tempat-tempat pembakaran mayat kewalahan karena harus bekerja sepanjang waktu sampai-sampai tungku pembakaran mayat meleleh oleh penggunaan yang melebihi kapasitas.

Ini semua gara-gara virus yang menyebar jauh lebih cepat, padahal tingkat infeksi yang tinggi di kota-kota besar sebelum itu seharusnya memberikan imunitas alami pada bagian besar warga.

Saat ini negara-negara maju pun harus turun tangan langsung membantu India mengatasi situasi mengerikan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini