Puingnya Ditemukan di Kalteng, Ini Tiga Proyek Antariksa CNSA

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah dihebohkan dengan temuan drone bawah laut, kini gempar dengan temuan panel logam dengan tulisan CNSA yang diduga kuat kependekan dari China National Space Administration.

Itu adalah badan antariksa di bawah State Administration for Science, Technology dan Industry for National Defence (SASTIND). Badan tersebut bertangunggjawab kepada Ministry of Industry and Information Technology (MIIT).

Kepala Lapan, Prof Thomas Djamaluddin, mengatakan puing yang ditemukan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut diduga adalah bagian dari roket yang dipakai untuk meluncurkan satelit.

Apa saja proyek yang dikerjakan CNSA sekarang? Setidaknya ada empat yang fenomenal seperti berikut;

1. Misi ke Mars Juli 2020
Salah satu misi Negeri Tirai Bambu ini bakal mengirimkan rover yang dikendalikan dari jarak jauh untuk mempelajari permukaan planet merah.

Rover yang diberi nama Perseverance itu diperkirakan tiba di Mars Februari 2021. Misi itu juga berencana membawa sampel batuan di Mars ke bumi.

2. Misi ke Bulan
Sebuah roket yang dirancang membawa astronot Cina ke Bulan meluncur 5 Mei 2020 pukul 06.00 waktu setempat. Roket tersebut diberi nama Long March 5B dan salah satu roket jumbo milik CNSA.

Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan selesai tahun 2022 dan siap membawa astronot ke Bulan.

Saat ini pesawat ruang angkasa baru bersifat prototipe dan dirancang untuk orbit Bumi rendah serta mampu menampung sampai enam astronot.

3. Operasikan Teleskop Radio Raksasa Cari Alien
Pada September 2016, Cina menyatakan akan mulai mengoperasikan teleskop radio raksasa untuk mencari keberadaan alien.

Teleskop radio bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescop (FAST) akhirnya selesai Juli 2016 setelah melalui proses usulan dan perakitan selama 17 tahun terakhir.

Pada dasarnya, FAST memiliki fungsi yang sama dengan teleskop radio lainnya untuk mempelajari molekul antarbintang dan mempelajari bagaimana galaksi berkembang.

Tetapi para ilmuwan memastikan akan mencari potensi lain terutama mengenai kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini