Prosesi Penghormatan Jenazah Shinzo Abe, Wapres Ma’ruf Amin Dahului Kemala Harris

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYOMa’ruf Amin menjadi wakil presiden negara asing pertama yang meletakkan karangan bunga dan memberi penghormatan terakhir terhadap jenazah mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa 27 September 2022.

Ma’ruf bahkan diberi kesempatan lebih dahulu dari Wakil Presiden Amerika Serikat Kemala Harris.

Setelah itu berturut-turut Wakil Presiden Filipina Sara Duterte-Carpio, dan Istri Presiden Kolombia Verónica Alcocer García.

Itu adalah akhir dari prosesi pemakaman jenazah Shinzo Abe yang tewas ditembak saat memberi pidato, Juli 2022.

Prosesi yang dimulai sekitar pukul 14.00 waktu setempat diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan kumandang Lagu Kebangsaan Jepang.

Setelah itu, Wapres serta seluruh peserta prosesi pemakaman mengheningkan cipta sejenak pada moment of silence serta menyaksikan penayangan cuplikan video mendiang Mantan PM Shinzo Abe.

Pada kesempatan ini, Wapres juga turut menyaksikan pemberian ucapan belasungkawa dari para pejabat pemerintah Jepang, dan tribut yang dilakukan oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako beserta Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Michiko.

Di akhir prosesi pemakaman kenegaraan ini, Wapres dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin turut melakukan peletakan karangan bunga dan memberikan penghormatan terakhir pada mendiang Mantan PM Abe.

Adapun urutan peletakan karangan bunga untuk para pejabat asing adalah Presiden Palau Surangel S. Whipps, Jr., Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, Wakil Presiden Filipina Sara Duterte-Carpio, dan Istri Presiden Kolombia Verónica Alcocer García.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini