Prof Ling: Pindahkan Ibu Kota Bakal Selamatkan Ekologi Jawa

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Praktisi lingkungan yang tergabung dalam Perkumpulan Profesional Lingkungan (Prof. Ling) menyebut langkah memindahkan ibu kota ke Kalimantan sebenarnya demi menyelamatkan ekologi Pulau Jawa yang terancam hancur.

“Kepindahan ibu kota negara dari Pulau Jawa akan menyelamatkan ekologi Jawa yang terancam collaps,” kata Ketua Prof. Ling Tasdiyanto Rohadi di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Pemindahan tersebut akan memberikan kesempatan perencanaan kota yang lebih baik untuk lokasi ibu kota negara. Terutama disesuaikan dengan tata ruang, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan infrastruktur lingkungan.

Tasdiyanto menegaskan Pulau Kalimantan merupakan titik tengah wilayah Indonesia yang akan memberikan efek akses yang seimbang dan adil bagi seluruh daerah di Indonesia.

Apalagi pulau tersebut relatif aman dari ancaman gempa bumi. Selain itu, potensi kebakaran lahan dan hutan akan lebih diperhatikan dan semakin tertangani.

Menurut Tasdiyanto, kepindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan akan memberikan efek domino pemerataan pembangunan, pemerataan ekonomi, kestabilan sosial politik dan budaya.

Dia juga mengatakan kepindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan akan menciptakan pusat peradaban bagi bagi bangsa Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini