Presiden Jokowi Tantang Negara Maju Bantu Negara Berkembang Lakukan Aksi Perubahan Iklim

Baca Juga

MATA INDONESIA, GLASGOW – Presiden Jokowi menantang negara-negara maju untuk berbuat lebih banyak memainkan perannya sebagai game changer dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang.

Hal itu diungkapkannya saat berbicara pada KTT Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim atau COP26 di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, yang dikutip, Selasa 2 November 2021.

“Indonesia akan dapat berkontribusi lebih cepat bagi net-zero emission dunia. Pertanyaannya, seberapa besar kontribusi negara maju untuk kami? Transfer teknologi apa yang bisa diberikan? Program apa yang didukung untuk pencapaian target SDGs yang terhambat akibat pandemi?” ujar Jokowi dengan nada tegas di hadapan pemimpin dunia lainnya.

Presiden memastikan Indonesia akan terus memobilisasi pembiayaan iklim dan pembiayaan inovatif seperti pembiyaan campuran, obligasi hijau, dan sukuk hijau.

Menurut Presiden Jokowi, penyediaan pendanaan iklim dengan mitra negara maju, merupakan game changer dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang.

Selain itu, Presiden menegaskan dengan potensi alam yang begitu besar Indonesia terus berkontribusi untuk perubahan iklim.

Menurut Presiden laju deforestasi Indonesia turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan juga turun 82 persen pada 2020.

Indonesia juga telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600.000 hektare sampai 2024 merupakan yang terluas di dunia. Indonesia juga telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis antara 2010-2019.

Sektor yang semula menyumbang 60 persen emisi Indonesia, akan mencapai carbon net sink selambatnya tahun 2030.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini