Piala AFF 2020: Pesan dari Shin Tae-yong Bakar Semangat Timnas Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Timnas Indonesia mampu membalikkan kedudukan saat menghadapi Malaysia. Pesan dari Shin Tae-yong membakar semangat para pemain.

Bertanding di Stadion Nasional, Minggu 19 Desember 2021 pada laga pamungkas penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1. Sempat tertinggal melalui gol Kogileswaran Raj Mohan, Ezra Walian dkk,. bangkit membalikkan kedudukan.

Irfan Jaya mencetak dua gol dan membawa Indonesia memimpin 2-1 di paruh babak. Di babak kedua, tekanan tim Merah Putih menggoyahkan pertahanan Harimau Malaya hingga tercipta dua gol tambahan melalui Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Sebelum pertandingan, Shin Tae-yong memberikan pesan penting kepada para pemain, salah satunya adalah bagaimana menghadapi situasi saat dalam kondisi tertinggal.

“Pesan yang saya sampaikan ke anak-anak asuh saya sebelum pertandingan adalah, bahkan kalau kami kebobolan gol cepat, jangan panik. Tetaplah bermain dengan cara seperti saat latihan,” katanya.

Shin Tae-yong memberikan contoh saat masih menukangi timnas Korea Selatan. Pada satu pertandingan, anak asuhnya tertinggal 0-1 lawan Jepang. Tapi, pada akhirnya bisa membalikkan skor dan menang.

“Saya juga memberi contoh saat saya menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Yang terjadi kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang,” ujarnya.

“Tapi setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi,” ungkapnya.

Indonesia finis sebagai juara Grup B. Di semifinal, mereka akan menantang runner-up Grup A, Singapura, dalam pertandingan yang digelar dua kali pada 22 dan 25 Desember 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini