Perlu Titik Keseimbangan yang Pas Agar Identitas Papua Menjadi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANOKWARIPapua adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), namun perlu dicari titik keseimbangan yang pas sehingga identitas sosial lokal menjadi identitas Indonesia.

“Persoalan di Papua adalah soal identitas sosial. Ini harus dicari titik keseimbangan yang pas sehingga terintegrasi dalam nasionalisme Indonesia,” ujar Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia, Hamdi Muluk yang dikutip Selasa 13 April 2021.

Dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk memandang Tanah Papua sebagai mozaik Indonesia yang perlu dirawat dan dipertahankan.

Banyak pendapat yang menyebut, persoalan Papua sudah banyak menghabiskan dana yang cukup besar dan pembangunan fisik yang masif tetapi belum juga selesai. Pandangan itu menurutnya keliru.

Menurutnya, jika kita bisa merawat Papua dengan baik artinya kita juga merawat NKRI secara keseluruhan.

Dia mengingatkan bahwa Papua adalah mozaik Indonesia yang sangat penting dijaga dan dikelola dengan baik agar negara ini tetap menjadi NKRI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini