Penyatuan Tanah dan Air dari 33 Provinsi di IKN, Teguhkan Kesatuan Bangsa Indonesia yang Kuat

Baca Juga

MATA INDONESIA, PENAJAM PASER UTARA – Penyatuan tanah dan air dari 33 provinsi di luar Kalimantan Timur ke dalam sebuah Bejana Nusantara merupakan simbol peneguhan kebinekaan dan persatuan bangsa Indonesia yang kuat.

Menurut Presiden Jokowi usai menerima tanah dan air lalu menyatukannya dalam sebuah bejana besar setinggi sekitar satu meter itu menggambarkan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus dibangun melalui persatuan yang kuat.

“Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ujar Presiden di Titik Nol IKN, Senin 14 Maret 2022.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan Indonesia adalah negara yang wilayah paling baratnya adalah Provinsi Aceh dan paling timur provinsi Papua.

Mereka memiliki kearifan lokal yang berbeda-beda yang dituangkan dalam simbol berupa tanah dan air.

Maka kehadiran kepala daerah atau yang diwakilkan berasal dari 34 provinsi dari barat sampai dengan ke timur itu membawa tanah serta air yang disatukan dalam bejana tersebut merupakan simbol persatuan. Satu Tanah Air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini