Peningkatan Kesejahteraan dan Dialog Jadi Kunci Selesaikan Masalah Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah pusat diminta untuk menerapkan pendekatan soft aproach untuk menyelesaikan persoalan di Papua. Hal ini diungkapkan oleh Jubir Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi. Ia pun menyarankan dua pendekatan yaitu pendekatan kesejahteraan dan dialog.

“Pendekatan kesejahteraan mesti segera di implementasikan di Papua terkait dengan undang-undang yang baru karena memang itu pasti ditunggu oleh saudara kita dari Papua,” katanya, Senin 20 September 2021.

Selanjutnya, perlu ada pendekatan dialog atau kultural. Menurutnya, pendekatan ini sangat penting dilakukan oleh pemerintah pusat di Jakarta.

“Yaitu percepatan pembangunan Papua dan dialog atau silaturahim dengan masyarakat Papua,” ujarnya.

“Bukan berarti pendekatan keamanan tidak penting. Saya kira pendekatan keamanan selama ini sudah berjalan tinggal bagaimana dilengkapi jadi pendekatan pendekatan lain terutama pendekatan kesejahteraan dan pendekatan dialog,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan bahwa perwakilan dari Papua sudah menyampaikan aspirasi terkait lembaga khusus yang akan dibentuk dan di bawah pimpinan atau kendali Wakil Presiden.

“Kita berharap nanti setelah lembaga khusus itu dibentuk, Insya Allah apa yang digagas wakil presiden mengenai pendekatan pendekatan kultural untuk masalah Papua itu bisa segera terealisasi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini