Ngantuk dan Lelah, Ini Tips Agar Tidur Nyaman di Kendaraan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian orang sering mengalami kelelahan sewaktu melakukan perjalanan. Kelelahan selama perjalanan menjadi alasan mereka memilih untuk tidur sejenak di dalam kendaraan.

Tidur di dalam kendaraan seperti mobil, bus ataupun kereta api menjadi pilihan terbaik daripada harus tetap terjaga sepanjang hari. Meski tubuh sudah memberi sinyal kelelahan,  namun memanfaatkan keterbatasan ruang di dalam kendaraan untuk tidur adalah pilihan yang tepat.

Jika Anda terpaksa harus tidur di kendaraan perhatikan dan lakukan beberapa hal ini.

Pertama, pilihlah tempat duduk yang tepat, contohnya dekat dengan jendela. Alasannya adalah agar Anda dapat bersandar serta tidak terganggu maupun mengganggu penumpang lain.

Kedua, mengatur posisi tempat duduk. Posisi tempat duduk juga cukup penting apabila Anda ingin tidur di dalam mobil. Alangkah lebih baik mengatur posisi jok sesuai dengan tinggi rendahnya sandaran jok Anda. Usahakan jok agak melandai sehingga posisi tubuh tidak terlalu tegak.

Ketiga, siapkan kantung tidur untuk mengatasi udara luar yang dingin. Fungsi kantung tidur ini agar menjaga suhu tubuh tetap hangat di luar ruangan. Alternatif lain bagi Anda adalah memakai pakaian yang cukup tebal sebagai pengganti kantung tidur untuk menghangatkan tubuh.

Keempat, gunakan bantal leher. Bantal leher ini digunakan agar Anda dapat tertidur dengan nyaman selama perjalanan berlangsung. Bantal leher akan melindungi tengkuk leher agar tidak kaku dan pegal ketika tertidur dalam posisi duduk. Jika perlu, pakailah penutup mata sebagai alat penghalau cahaya yang dapat menggau tidurmu

Kelima pastikan barang bawaan Anda diletakkan di tempat yang aman. Jika membawa barang bawaan yang terbilang cukup besar, letakkan di bawah kursi dan menempel pada salah satu kaki. Hal ini bertujuan agar jika barang tersebut bergeser, Anda dapat merasakannya.

Keenam pakailah masker saat tidur. Selain untuk melindung Anda dari polusi dan debu, masker juga dapat menjaga “aib” kita saat tertidur. Apabila Anda salah satu orang yang tertidur dengan keadaan mulut terbuka, ngiler ataupun ngorok, penggunaan masker dapat membantu untuk menutupi itu semua.

Reporter: Shafira Annisa

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini