Penderita Sakit Ginjal Boleh Divaksin Covid19 Tapi dengan Syarat Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Orang dengan masalah ginjal serius boleh mendapat suntikan vaksin Covid19 dengan syarat yang ketat, terutama setelah mendapat rekomendasi dokter.

Pesan itu dari pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dr. Decsa Medika Hertanto yang diterima Mata Indonesia News, Jumat 12 Maret 2021.

“Berikut panduan vaksin untuk penderita ginjal. Jadi intinya boleh namun tidak dalam kondisi akut, terkontrol dengan baik dan dalam kondisi sehat!” ujar Decsa.

Misalnya, penderita penyakit ginjal kronis bisa diberi vaksin dengan syarat tidak memiliki keluhan berarti, sehat dan mendapat rekomendasi dokter yang merawatnya.

Pasien cuci darah juga bisa mendapat suntikan vaksin tersebut, jika dalam keadaan sehat, tidak memiliki keluhan serta memperoleh rekomendasi dari dokter ginjal.

Begitu juga dengan pasien transplantasi ginjal. Bisa mendapat vaksin Covid19, jika dalam kondisi sehat serta tidak sedang mengonsumsi obat imunosupresan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Cegah Skimming, Patroli Samapta Polresta Sleman Pantau Gerai ATM

Mata Indonesia, Sleman - Guna Mengantisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polresta Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini