Pemekaran Wilayah Jadi Solusi untuk Majukan Tanah Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, NDUGA – Dukungan untuk kelanjutan kebijakan Otsus Papua terus berdatangan. Salah satunya datang dari Guru SD Gearek Peni Tabuni.

Ia mengatakan, Otsus Papua harus tetap dilanjutkan agar bisa mendatangkan kemajuan bagi orang asli Papua (OAP). “Jangan ada lagi elit elit politik yang memanfaatkan dari Dana Otsus tersebut,” ujarnya, dikutip Rabu 15 September 2021.

Peni juga mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat asli Papua di Kabupaten Nduga cenderung mengartikan Otsus cuma semata-mata terkait pembagian dana, padahal masih ada realisasi lain yang didapatkan dari Otsus. Misalnya bantuan pembangunan infrastruktur, biaya pendidikan dan fasilitas pelayanan publik.

“Mindset tersebut harus diubah agar tidak terjadi salah pengertian di dalam masyarakat,” katanya.

Kemudian terkait rencana pemekaran sejumlah wilayah di Papua atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), ia memberikan dukungan penuh. Ia menilainya sebagai upaya pemerintah untuk memajukan OAP.

“Banyak manfaat yang bisa di dapatkan oleh masyarakat OAP dengan harapan masyarakat bisa hidup lebih sejahtera. Dan Pemerintah Pusat lebih mudah untuk meninjau secara langsung kepada daerah pemekaran Kabupaten yang berada di Papua,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini