Pemekaran Papua Bisa Membawa Dampak yang Baik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Rencana pemekaran Provinsi Papua menjadi enam wilayah administrasi mendapat dukungan banyak kalangan.

Keenam provinsi yang akan dimekarkan itu antara lain, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Pegunungan Tengah, Papua Selatan, dan Papua Tabi Saireri.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ) yang juga putra asli Papua, John Wempi Wetipo, mengatakan, bahwa pemekaran propinsi di tanah Papua bisa membawa dampak yang baik.

“Paling tidak ada payung yang besar untuk mengawal semua proses pembangunan yang terjadi di papua,” ujar John.

Payung besarnya adalah urgensi pemerintah pusat untuk membentuk badan otoritas guna mengkoordinir semua kebijakan yang di Papua, termasuk pemekaran.

Staf khusus Presiden, Billy Mambrasar menyatakan, bahwa pemekaran atau pembentukan provinsi dan kabupaten baru di Papua penting untuk dilakukan.

Ia merinci sejumlah alasannya, seperti faktor sejarah, budaya, ekonomi dan pemerintahan sebagai dasar pendapatnya.

“Kondisi geografis Papua itu sangat luas sekali. Kedua, kompleksitas dari kondisi geografis tersebut. Dan ketiga, dengan catatan bahwa apa yang telah terjadi sebelumnya, kita perbaki,” ujar Billy.

Billy juga berpendapat, untuk melibatkan generasi muda Papua dalam proses ini. Jangan lagi prosesnya hanya untuk memperbaiki nasib masyarakat Papua ternyata monopoli tokoh-tokoh tua Papua.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini