Pembangunan Ibu Kota Baru Solusi Hadapi Tantangan Perkotaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pembentukan ibu kota baru atau IKN menjadi kota cerdas dinilai menjadi solusi dalam menyelesaikan tantangan perkotaan di masa depan. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang PUPR dan Infrastruktur Insannul Kamil.

Menurutnya mengatakan bahwa teknologi digital menjadikan IKN menjadi kota cerdas atau smart city.

“Kenapa harus kota cerdas? Kota cerdas itu adalah salah satu solusi dalam menyelesaikan tantangan perkotaan di masa depan, terutama isu urbanisasi,” ujarnya di Jakarta.

Isu dan permasalahan perkotaan di Indonesia saat ini menjadi begitu kompleks, terutama kota metropolitan seperti Jakarta, melibatkan sejumlah besar masyarakat perkotaan dan pemerintah pengelola kota.

“Kota cerdas merupakan sebuah strategi alami yang akhirnya mengurangi masalah yang muncul akibat urbanisasi yang cepat dan pertumbuhan populasi perkotaan yang sangat tinggi,” katanya.

Kota cerdas, lanjutnya, merupakan solusi efektif, efisien dan berkelanjutan atas tantangan dan permasalahan yang terus meningkat dan dihadapi perkotaan di masa depan.

“Pembangunan IKN Indonesia diarahkan pada terwujudnya kota dengan fasilitas infrastruktur yang ramah lingkungan, cerdas (smart), indah dan berkelanjutan (sustainable) karena terkait dengan Sustainable Development Goals, khususnya terkait dengan kota serta permukiman yang berkelanjutan dan penanganan perubahan iklim,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini