Pelonggaran PPKM Sudah Banyak Dilakukan, Tapi Pakai Masker Tetap Harus Dipertahankan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah sudah mulai melakukan banyak pelonggaran PPKM, namun kewajiban masyarakat menggunakan masker harus tetap dipertahankan.

Menurut pengajar pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, vaksinasi juga harus menjadi pertimbangan.

“Kelengkapan vaksinasi menjadi prasyarat pelonggaran” ujar Pandu melalui pesan yang dilihat, Rabu 9 Maret 2022.

Hal senada diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi.

Dia menegaskan pelonggaran mobilitas masyarakat bukan berarti Indonesia bebas ancaman lonjakan kasus Covid-19.

Pelonggaran aktivitas masyarakat tetap harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan percepatan vaksinasi dosis lengkap serta booster agar upaya transisi dari pandemi menuju endemi bisa berjalan optimal.

Selama dalam perjalanan, para penumpang harus tetap menggunakan masker medis tiga lapis yang menutup hidung, mulut dan dagu.

Selain itu, mengganti masker secara berkala, rutin mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, tidak berbicara satu arah, dan tidak makan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi yang perjalanan kurang dari 2 jam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini