Pejabat AS Konfirmasi Kapal Perang Rusia yang Tenggelam Kena Rudal Ukraina

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Ada sejumlah perdebatan mengenai tenggelamnya kapal penjelajah berpeluru kendali Rusia, Moskva di Laut Hitam. Kapal Moskva merupakan simbol dominasi negara di kawasan itu dan mesin perang yang kuat yang telah digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah presisi jauh di dalam Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa kapal Moskva tenggelam saat ditarik ke pelabuhan dalam badai setelah rusak parah akibat kebakaran. Namun, para pejabat Ukraina melaporkan pasukan mereka menyerang kapal itu dengan rudal anti-kapal Neptunus.

Kini, para pejabat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi dua rudal Neptunus buatan Ukraina telah menghantam kapal itu dan menewaskan sejumlah pelaut yang tidak diketahui dan mengirimnya beserta persenjataannya ke dasar Laut Hitam.

Tenggelamnya kapal Moskva merupakan pukulan telak bagi armada Rusia dan demonstrasi dramatis dari era perang saat ini di mana rudal yang ditembakkan dari pantai dapat menghancurkan kapal terbesar dan paling kuat sekalipun.

Itu juga merupakan kerugian tempur paling signifikan bagi angkatan laut mana pun sejak 1982, ketika Angkatan Udara Argentina menenggelamkan kapal perusak peluru kendali Inggris dan kapal lainnya selama Perang Falklands atau Malvinas.

Rudal jelajah Rusia telah digunakan untuk menghancurkan gedung-gedung apartemen di kota-kota Ukraina, dan senjata Moskva telah menembaki Pulau Ular Ukraina. Platform rudal paling kuat Kremlin tidak mungkin untuk diganti dan tenggelamnya kapal tersebut merupakan serangan balik yang berani, kata pensiunan perwira militer AS.

Kapal Moskva menginspirasi kekaguman pada mereka yang melihatnya — penuh dengan rudal dan menjulang di atas lanskap, dan merupakan perwujudan kekuatan Rusia di wilayah tersebut selama beberapa dekade.

“Itu adalah kapal yang sangat mengesankan,” kata pensiunan Laksamana Muda AS, Samuel J. Cox, yang menjabat sebagai Direktur Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut di Washington.

“Dengan peluncur rudal permukaan-ke-permukaan itu, dia benar-benar terlihat berbahaya. Tapi rupanya, dia tidak bisa menerima serangan,” sambungnya, melansir New York Times, Sabtu, 16 April 2022.

Tenggelamnya kapal memiliki kepentingan simbolis, diplomatik dan militer. Dan kapal-kapal milik Rusia telah didorong lebih jauh dari pantai Ukraina, pejabat AS mengkonfirmasi dengan syarat anonim untuk membahas penilaian intelijen perang.

Analis angkatan laut telah khawatir selama bertahun-tahun bahwa generasi baru rudal pembunuh kapal akan membahayakan kapal besar dan penting seperti Moskva atau armada kapal induk Amerika Serikat. Tenggelamnya Moskow adalah tanda yang jelas bahwa masa depan telah tiba.

Kapal Moskva dirancang sebagai pembunuh. Konstruksi kapal, awalnya dikenal sebagai Slava, dimulai pada 1976, dan mulai beroperasi pada 1983. Dibangun oleh Uni Soviet untuk menenggelamkan kapal induk AS, kapal Moskva dipersenjatai dengan rudal yang mampu menyerang pesawat, kapal, dan kapal selam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini