Pebisnis Ceko Gandrungi Kopi Asal Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, PRAHA – Kopi asal Papua sangat diminati oleh para importir asal Ceko. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Ketua Umum Kadin Papua Ronald Antonio.

Ronald menjelaskan bahwa para importir itu tertarik untuk memasarkan kopi asal Papua hingga ke Eropa. Ia mengetahuinya saat menemui Mr Jakub Fiala, salah satu importir kopi Eropa forum bisnis dengan beberapa investor Ceko atau ‘The Czech-Indonesian Business Forum’.

“Kadin telah bertemu dan bernegosiasi yang hasilnya menggembirakan, importir Eropa tertarik dengan kopi Papua. Dan pada kesempatan itu mereka langsung order beberapa jenis kopi sebagai uji coba kesepakatan bisnis,” ujanya seperti dlihat pada laman daerah Pemprov Papua, Selasa 16 November 2021.

Ronald pun berjanji akan menjalin komunikasi dengan masyarakat dan mitra Kadin Papua yang bergerak di bidang produksi kopi untuk bisa memenuhi orderan itu.

Ia pun mengakui bahwa upaya yang dilakukan itu adalah salah satu wujud dukungan Kadin Papua terhadap visi dan misi Gubernur Lukas Enembe,

“Di mana untuk menciptakan Papua bangkit, mandiri dan sejahtera di bidang ekonomi,” katanya.

Ronal juga menjelaskan bahwa lewat forum bisnis ini, pihaknya tidak hanya menghadiri, tetapi mencari pasar di Eropa. Dan nantinya, ia akan berusaha ketemu dengan para pelaku usaha kopi yang bisa diajak kerja sama.

“Bukan hanya penjual dan pembeli, tetapi sampai pada tangka kerja sama transfer pengetahuan dan teknologi pertanian kopi, mulai dari hulu sampai ke hilir,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa dari kegiatan business-to-business negotiation (negosiasi antarpebisnis) yang telah berjalan, Kadin Papua juga mendapatkan tawaran permintaan lain seperti ekspor durian, cabai dan hasil bumi lainnya.

Jakub Fiala, distributor kopi besar di Eropa pun menyambut baik upaya ini. Ia menilai komoditas kopi Indonesia, khususnya Papua memiliki peluang perluasan ekspor ke Republik Ceko dan juga Eropa. Hal ini karena keragaman rasa dan aroma kopi Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gubernur DIY dorong Kabupaten/Kota Berkomitmen Mengurangi Kemiskinan

Mata Indonesia, Sleman - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (1/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini