Pangdam Kasuari Dukung Kebijakan Otsus Jilid II di Papua dan Papua Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANOKWARI – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memberikan apresiasi atas pengesahan yang dilakukan DPR RI atas RUU Perubahan Kedua atas Undang-Undang Otonomi Khusus Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Papua Barat untuk mengucap syukur dengan telah ditetapkannya Otsus Jilid 2. “Semoga seluruh masyarakat Papua Barat menjadi sejahtera, amin,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis 15 Juli 2021.

Cantiasa pun siap mengawal tanah Papua agar tetap aman dan kondusif. “Kami mendukung jalannya kebijakan otsus tersebut di Papua Barat dan akan siap menjaga keamanan di seluruh wilayah Papua Barat,” katanya.

Ia juga menghormati sepenuhnya sikap DPR RI dan pemerintah yang memiliki keinginan memperkuat pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP).

Program Otsus Papua dan Papua sebelumnya juga dinilai berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu, penerapan Otsus Papua dinilai sebagai jalan terbaik untuk membangun Papua secara fisik maupun sumber daya manusia. Sebagai contoh, saat ini melalui otsus, sebanyak 1.246 mahasiswa Papua aktif dibiayai otsus, bahkan 24 pemuda Papua dapat belajar ke universitas di Amerika Serikat.

Di bidang pertahanan, Pangdam juga mengatakan program otsus memberikan manfaat yang jelas melalui penerimaan seribu prajurit TNI AD bagi pemuda-pemudi OAP di Papua Barat. Program tersebut terlaksana atas kerja sama Mabes Angkatan Darat dan Pemda Papua Barat.

Sejauh ini, berdasarkan temuan survei Badan Intelijen Negara (BIN) yang bekerja sama dengan sejumlah universitas, sebanyak 82 persen masyarakat Papua setuju adanya otsus. Hal ini membuktikan bahwa otsus juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Gencarkan Pembangunan di Papua Sebagai Amanat Undang-Undang

Pemerintah Indonesia telah mengintensifkan upaya pembangunan di Papua sebagai bagian dari amanat Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang telah diperbarui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini