Pandemi Covid19 Pacu Riset dan Inovasi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid19 berhasil memacu riset dan inovasi menghasil produk-produk dalam negeri untuk menghadapi penyakit tersebut.

“Ini membuktikan semangat dan kerja keras berinovasi tetap bisa dihasilkan di masa pandemi. Komunitas riset dan inovasi harus terus berkontribusi untuk penanganan COVID-19,” ujar Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Jumat 29 Januari 2021.

Menurutnya, mulai dari di hulu yaitu pemetaan genomik virus hingga ke hilir, Indonesia berhasil menghadirkan produk inovasi untuk menghadapinya terutama untuk mengupayakan protokol kesehatan dan 3t (testing, tracing and treatment/isolasi).

Sejumlah produk riset dan inovasi telah berhasil dikembangkan kita sendiri di antaranya ventilator BPPT35-LEN, GeNose, Uji Antigen Cepad, dan pengembangan Vaksin Merah-Putih.

Vaksin tersebut untuk melakukan vaksinasi nasional di tahun 2022 dengan tujuan mengurangi kebutuhan impor vaksin.

Airlangga menekankan, riset dan inovasi bukan hanya urusan Kemenristek/BRIN saja, tapi upaya bersama dari segenap Bangsa Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Target Menang Pilkada, PPP Kota Jogja Gandeng Lima Parpol Bentuk Koalisi Besar

Mata Indonesia, Yogyakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja telah memulai strategi mereka untuk menghadapi Pilkada 2024 yang akan digelar pada bulan November nanti. PPP berencana untuk membentuk koalisi dengan minimal lima partai untuk memenangkan Pilkada 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini