Nilai Ekspor Ikan Hias Indonesia Naik Terus dari Tahun ke Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai ekspor ikan hias Indonesia meningkat terus dari tahun ke tahun.

Pada 2021, angkanya sudah mencapai 34,55 juta dolar AS atau meningkat 12,33 persen dibanding 2020 yang angkanya 30,76 juta dolar AS.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Erwin Dwiyana, Senin 10 Oktober 2022.

“Ikan hias di Indonesia itu ada sampai 4.500 jenis. Khusus untuk ikan hias air tawar ada sekitar 1.400 jenis sesuai riset Pusat Penelitian Biologi LIPI,” kata Erwin.

Dari total nilai ekspor tersebut, 80,63 persen diantaranya berasal dari ikan hias air tawar atau senilai 27,85 juta dolar AS.

Sementara sisanya yang sebesar 19,37 persen berasal dari ikan hias air laut atau senilai 6,70 juta dolar AS.

Negara-negara tujuan eskpor ikan hias Indonesia meliputi Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Tiongkok, Vietnam, Singapura dan Inggris Raya.

Erwin menekankan, dari data tersebut terlihat adanya peluang ekonomi yang besar dari perdagangan ikan hias ke luar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini