Ngeri! Mirip Tragedi Lion Air, Pesawat 737 Max 8 Ethiopian Airlines Jatuh Hari Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pesawat jenis Boeing 737 Max 8 kembali mengalami kecelakaan pada Minggu dini hari, 10 Maret 2019. Kali ini giliran pesawat milik maskapai Ethiopian Airlines yang jatuh dalam perjalanan menuju Nairobi.

Sebanyak 147 penumpang dan delapan awak di dalamnya dipastikan tidak selamat. Kejadian ini pun kembali mengingatkan dunia penerbangan akan tragedi 737 Max 8 milik Lion Air yang jatuh pada 29 Oktober 2018 lalu di Laut Jawa, yang menewaskan 189 orang.

“Tidak ada orang yang selamat dalam peristiwa itu,” ujar stasiun penyiaran kelolaan negara Ethiopia.

Pesawat nahas tersebut tinggal landas dari Bandara Bole di Addis Ababa pada pukul 08.38 waktu setempat dan kemudian hilang kontak dengan menara pengendali bandar udara hanya beberapa menit kemudian, yaitu pukul 08.44.

“Tidak ada yang selamat dalam penerbangan pesawat itu, yang mengangkut para penumpang dari 33 negara,” kata laporan Ethiopian Broadcasting Corporation, yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di perusahaan penerbangan Ethiopian Airlines.

Menurut Ethiopian Airlines, pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu jatuh di Kota Bishoftu, yang berada 62 kilometer di tenggara Ibu Kota Ethiopia Addis Ababa. “Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan kami belum mendapatkan informasi soal penyintas atau kemungkinan korban,” kata maskapai dalam pernyataan.

Ethiopian Airlines menambahkan bahwa pesawatnya yang jatuh berjenis Boeing 737-800 MAX dengan nomor pencatatan ET-AVJ. Namun, nomor model itu tidak tercatat keberadaannya dan berbagai laman penerbangan kemudian menyebut pesawat itu sebagai jenis 737 Max 8 baru.

Sementara laman pelacak penerbangan Flightradar24 mengatakan di Twitter bahwa pesawat ET 302 terbang dengan kecepatan vertikal yang tak stabil setelah tinggal landas. Di bandar udara Nairobi, banyak penumpang menunggu di ruang gerbang keberangkatan tanpa mendapat informasi dari pihak maskapai penerbangan.

Berita Terbaru

Bupati Sleman Resmikan Gen Z Institut Sleman: Harapan Besar Generasi Z Membangun Sleman Sembada

Sleman, 16 Juli 2024 – Kabupaten Sleman menyaksikan sebuah tonggak penting dalam pemberdayaan generasi muda dan perempuan dengan peluncuran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini