MUI Dukung Pemerintah Tagih Utang Obligor BLBI hingga ke Anak Cucu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keluarga para obligor pengemplang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) bakalan tak bisa tidur nyenyak.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung upaya pemerintah melakukan penagihan utang dana BLBI hingga ke anak dan cucunya. MUI menilai langkah pemerintah menindak obligor yang menunggak sudah tepat.

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, menilai selama 22 tahun ini pemerintah sudah menanggung beban untuk membayar pokok dan bunga dari dana BLBI.

”MUI mendukung sikap Menkopolhukam dan Menteri Keuangan yang akan menagih kepada para penunggak dana BLBI tersebut, yang penagihannya dilakukan hingga ke anak cucu mereka karena tidak mustahil ada usaha-usaha mereka itu yang diteruskan oleh para keturunannya,” ujar Anwar, Sabtu 28 Agustus 2021.

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, kata Anwar Abbas, penerimaan dana termasuk dari pembayaran utang harus dimaksimalkan. ”Negara kita saat ini sedang menghadapi masalah berupa pandemi Covid-19 yang berdampak cukup besar terhadap kehidupan perekonomian nasional di mana utang kita dalam beberapa tahun terakhir ini tampak semakin meningkat. Bahkan sudah mencapai Rp. 7.000 triliun,” katanya.
Dia berharap pemerintah melakukan penagihan utang BLBI ini secara serius. Sehingga dana yang terhimpun bisa bermanfaat bagi pemulihan ekonomi Indonesia. ”Kalau hal ini bisa serius, maka tentu usaha kita untuk memulihkan keadaan perekonomian nasional akan sangat terbantu,” ujarnya.
Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI) membidik 1.672 bidang tanah eks debitur BLBI. Luas total kurang lebih 15.288.175 m2, yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.  Rencana itu merupakan tindak lanjut dari penguasaan aset terhadap 49 bidang tanah seluas 5.291.200 m2. Lokasinya tersebar di Medan, Pekanbaru, Tangerang, dan Bogor.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini