Meski Sudah Naik, Harga Pertamax Masih Paling Kompetitif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski sudah dinaikkan, harga pertamax92 tetap masih paling kompetitif dibandingkan bahan bakar minyak (BBM) RON 92 lainnya.

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam peryataan tertulisnya, Minggu 4 September 2022.

Dia menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan terakhir harga pertamax92 tidak disesuaikan secara berkala mengikuti tren ICP (harga patokan dasar).

Maka, hingga kini masih terdapat selisih yang cukup besar dengan harga keekonomiannya.

“Tercatat sejak Maret hingga September 2022, BBM RON 92 yang setara Pertamax sudah disesuaikan secara berkala oleh badan usaha lain, sedangkan Pertamax baru sekali penyesuaian harga pada April lalu,” ujar Irto.

Dengan tren ICP yang masih cukup tinggi pada Bulan Agustus lalu yaitu sekitar 94.17 dolar AS/Barel, Pertamina Patra Niaga menetapkan harga baru Pertamax yang berlaku mulai tanggal 3 September.

Harga jual Pertamax ditetapkan Rp 14.500 per liter untuk wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen.

Penetapan harga itu sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).

Irto menegaskan penyesuaian harga itu akan terus diimbangi dengan ketersediaan stok serta jaminan distribusi ke seluruh SPBU di Indonesia.

Di masa datang, pertamax akan dievaluasi sesuai dengan harga minyak dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini